• +62 771 23686
  • info@ficomtv.co.id

Klinik 24 JAM untuk Peserta BPJS Kesehatan

Klinik 24 JAM untuk Peserta BPJS Kesehatan

img_8965Tanjungpinang, Seperti pada hari-hari biasanya. Pagi itu sekitar pukul 07:30 WIB Rabu (14/9/). Ruas Jalan Hang Lekir yang berlokasi di kawasan pemukiman warga di Kelurahan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang nampak ramai, puluhan hingga ratusan kendaraan bermotor maupun roda empat sibuk berlalu-lalang di jalanan tersebut, menandakan aktivitas masyarakat setempat sedang berlangsung.

Berbagai rumah dan toko (ruko) yang terdiri dari warung kopi, kedai sembako, hingga penjual alat-alat bahan bangunan berjejeran memadati area tersebut. Pagi itu, beberapa pedagang terlihat begitu sibuk merapikan toko serta barang dagangannya masing-masing.

Di antara bangunan-bangunan tersebut, terdapat sebuah bangunan ruko lantai dua, pada bagian depannya terpampang plang nama bertuliskan “Klinik ALRASHA Health Care Center”.

Tak diragukan lagi, tempat ini sudah barang tentu merupakan Pusat Pelayanan Kesehatan masyarakat terpadu di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Berbeda dengan Klinik Kesehatan yang ada pada umumnya, di situ tertera Klinik ALRASHA menawarkan Pelayanan Kesehatan Pasien “24 Jam 7 Hari berikut Layanan Dokter Panggilan 24 Jam 7 Hari” Bagi Pasien Umum maupun BPJS Kesehatan.

Hal tersebut rupanya dibenarkan oleh dr Angga Perdana K selaku Dirut Klinik ALRASHA. Pria lulusan Fakultas Kedokteran UNDIP Semarang ini saat ditemui di kantornya Rabu(14/9) mengatakan baru-baru pertama dibuka, klinik yang dipimpinnya hanya beroperasi sejak pukul 08:00-21:00 WIB saja.

Namun, seiring waktu berjalan Ia melihat Tanjungpinang belum memiliki pelayanan klinik kesehatan 24 jam, padahal masyarakat memerlukan layanan kesehatan secara terpadu tanpa mengenal waktu. Hal inilah kemudian mendorong dirinya berikut rekan-rekan medis di kantornya untuk membuka pelayanan selama 24 jam dalam 7 hari.

“Bahkan tanggal merah atau libur nasional sekali pun, kami tetap melayani pasien.”Paparnya.

Lebih lanjut suami dari dr Aviasti Pratiwi ini bercerita. Klinik ALRASHA Health Care Center ini sendiri dibentuk pada bulan November 2015 lalu, kala itu dirinya diminta mengurus serta membantu mendirikan sebuah Pusat Pelayanan Kesehatan oleh mertuanya dr. Augustine purwanti, yang terlebih dahulu telah memiliki Klinik Kesehatan di Tanjungpinang. Ia menuturkan sejak awal didirikan. Kliniknya mengusung visi sebagai pelopor pelayanan kesehatan inovatif yang dapat diandalkan dan terpercaya di Indonesia khususnya Tanjungpinang, dengan misi memberikan layanan kesehatan yang inovatif, berkualitas, melalui pendekatan “Patient Oriented” guna meningkatkan kesehatan masyarakat demi terciptanya keluarga yang lebih baik.

“Kami hadir untuk memberikan jaminan pelayanan kesehatan secara maksimal terhadap masyarakat di Tanjungpinang, kapanpun dan di manapun mereka berada.”Tambahnya.

Saat ini, disebut Angga. ALRASHA sudah memiliki 5 Dokter Umum, 1 Dokter Spesialis Anak, 1 Dokter Spesialis Penyakit Dalam serta beberapa Apoteker dan karyawan lainnya yang siap melayani seluruh lapisan masyarakat Tanjungpinang.

“Alhamdulillah, saat ini jumlah pasien kita pun pelan-pelan mengalami peningkatan, bisa mencapai 500 orang per bulannya.”Ungkap pria asal Cirebon ini sembari tersenyum.

Hadirkan Pelayanan BPJS Sepenuh Hati (24 Jam 7 Hari)

Setelah hampir 2 tahun berdiri, terhitung sejak Juni 2016 kemarin Klinik ALRASHA resmi bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, tentunya setelah melengkapi segala persyaratan yang telah ditetapkan.

“Saat pertama kali bergabung bersama BPJS Kesehatan, klinik kami memulainya dengan kapitasi nol pasien”. Kenang Angga.

Namun pelan tapi pasti, setelah 3 bulan berjalan total sudah terdapat sekitar 300 pasien yang terdaftar di ALRASHA, dan pihak klinik mendapatkan dana kapitasi senilai Rp 9000 untuk tiap-tiap pasien yang mendaftar di sana.

Dana-dana inilah yang kemudian dikelola sebaik mungkin, untuk melayani kesehatan serta memenuhi kebutuhan obat-obatan pasien yang bersangkutan.

Hanya saja, disebut Angga sejauh ini pihaknya juga cukup banyak menombok untuk keperluan pemenuhan layanan kesehatan maupun kebutuhan obat-obatan pasien, lantaran dana kapitasi sebesar Rp 9000 masih tergolong kecil.

“Saat ini dana kapitasi itu baru bisa dipergunakan untuk melayani pengobatan pasien yang bersangkutan, sementara untuk operasional klinik dan gaji karyawan sendiri, diperoleh dari pasien umum.”Imbuhnya.

Kendati demikian. Klinik ALRASHA tidak mempermasalahkan hal tersebut, mereka tetap berkomitmen dalam memberikan pelayanan secara profesional tanpa membeda-bedakan status si pasien itu sendiri.

“Semua pasien kita perlakukan sama, pelayanan dan juga obat-obat yang diberikan juga sama”.Tegas Angga.

“Sejauh ini, respon mereka (red_Pasien BPJS) sangat baik, terlebih kami memiliki layanan BPJS Kesehatan 24 Jam, sehingga banyak pasien yang berkeinginan pindah ke klinik ALRASHA.”Tambahnya.

Pria kelahiran 5 Februari 1986 ini menambahkan, berbagai produk dan layanan unggulan telah dipersiapkan kliniknya untuk melayani pasien BPJS Kesehatan seperti :

a. Klinik buka 24 Jam 7 Hari
Merupakan layanan kesehatan terpadu 24 jam sehari selama 7 hari dalam seminggu termasuk tanggal merah atau hari libur nasional. Melayani konsultasi Dokter umum, Dokter anak dan Dokter penyakit dalam.

b. Layanan Dokter Panggilan 24 Jam 7 Hari (Home Care)
Merupakan Layanan inovatif yang menghadirkan pelayanan kesehatan kualitas tinggi oleh dokter, bidan, dan perawat ALRASHA langsung di depan pintu rumah kantor, maupun hotel, dalam hal ini pasien hanya perlu menghubungi atau house call doctor 442 679 dan memberikan alamat lengkap tempat tinggal, jika memang tak mampu atau berhalangan berkunjung ke klinik secara langsung.

c. Paket Homecare Perawatan Pasca Persalinan
Berupa bimbingan dan bantuan dari Bidan, Perawat maupun Dokter yang dapat langsung hadir ke rumah Bunda, untuk dapat memberikan perawatan pasca persalinan, seperti breast care, konsultasi menyusui yang tepat, serta perawatan bayi yang dimulai pada saat memandikan hingga merawat tali pusat.

d. Apotekita
Adalah pelayanan penjualan obat dan alat kesehatan secara online dengan layanan delivery( pengiriman) langsung ke rumah pasien.

e. Vaksinasi untuk semua
Yakni pusat vaksinasi anak terlengkap, yang bertujuan agar setiap anak Indonesia mendapatkan akses layanan vaksinasi dengan harga yang terjangkau.

f. Khitan center
Produk layanan ALRASHA Heakt Care Center yang memberikan pelayanan khitan dengan metode AlisKlamp, sebuah inovasi metode khitan modern yang praktis, nyaman dan tepat (tanpa harus dijahit kembali).

g. Unit Gawat Darurat 24 Jam & Imunisasi Bayi

Tak lupa, dirinya juga menghimbau bagi pasien yang ingin mendapatkan pelayanan BPJS Kesehatan di kliniknya, tinggal mendaftar langsung ke kantor BPJS Kesehatan Tanjungpinang atau via online ( pasien baru), atau mendaftar ulang dengan mengisi formulir pindah (pasien lama).

“Di sini, kami juga ingin membantu agar masyarakat segera mengurus BPJS Kesehatan khsususnya bagi mereka yang belum terdaftar, dengan begitu akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih murah, menjadi jauh lebih mudah.”Pungkasnya.

Program Edukasi Ibu Hamil

Untuk mewujudkan kualitas dan mutu pelayanan kesehatan terhadap pasiennya. Klinik ALRASHA Tanjungpinang dalam waktu dekat ini bakal melaunching Program baru mereka berupa Edukasi Ibu Hamil serta Yoga Prenatal yang umumnya diperuntukkan bagi kaum Ibu-ibu hamil, yang tengah menjalani masa kehamilan menuju ke tahap persalinan.

Program Edukasi ini sendiri bertujuan untuk memberikan berbagai pengetahuan dasar seputar proses kehamilan dan persalinan, plus pembekalan secara fisik dan mental ( bagi Ibu-ibu hamil) dalam menjalani tahapan-tahapan tersebut.

Dijelaskan Angga perdana. Produk-produk di atas merupakan rangkaian persiapan dari pihak Klinik ALRASHA, menyusul dibangunnya Klinik Bersalin sendiri pada akhir tahun 2016 mendatang.

“Semoga klinik bersalin yang akan kami bangun nanti, menjadi alternatif bagi pelayanan Ibu-ibu hamil di Tanjungpinang.”Tuturnya.

Berbagi Tips Kesehatan Melalui Media Sosial

Guna mensosialisasikan Program Promotif dan Preventif sebagaimana yang dianjurkan oleh pihak BPJS Kesehatan. ALRASHA berinisiatif membuat artikel-artikel Edukasi kesehatan, yang diterbitkan melalui Website www.klinikalrasha.com dan selanjutnya disebarluaskan melalui akun media sosial terutama Facebook.

Upaya tersebut sejauh ini dinilai cukup baik, lantaran di era ini peran media sosial seperti Facebook sebagai alat penyampaian informasi sangat efektif.

“Di samping itu masyarakat juga dapat dengan mudah mengaksesnya.”Ujar dr Astavi yang tak lain merupakan istri dari Angga Perdana ini.

Astavi menambahkan di dalamnya terdapat berbagai tips kesehatan. Seperti Penanganan Ibu-ibu hamil, Imunisasi Bayi, Upaya pencegahan penyakit Kronis, Diabetes, Inveksi saluran, dan sebagainya.

“Tentunya menjadi suatu kehormatan bagi Alrasha Health City Center, dapat melayani Peserta BPJS Kesehatan. Pelayanan terbaik dengan ketulusan hati selalu menjadi komitmen kami dalam hal melayani mereka.”Ujarnya.

“Kami juga mengajak seluruh Ayah dan Bunda untuk bergabung menjadi peserta BPJS Kesehatan bersama Klinik Alrasha.”Tutup Aviasti didampingi suaminya. Ogen/ Ficomtv co.id.

Winata

Leave your message

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.